UNICEF


Pertarungan antara layanan streaming musik semakin intens, dan perusahaan yang memimpin dibisnis ini termasuk Spotify dan Apple Music. Menurut statistik terbaru yang diterbitkan oleh Counterpoint, layanan streaming berbasis di AS, Spotify, memiliki 33% pangsa berlangganan (tahun-ke-tahun) pada Q1 2020.

Logo Spotify

Dengan kata lain, 1 dari setiap 3 orang yang membayar untuk streaming musik online menggunakan Spotify sebagai driver harian mereka. Bagian terbesar kedua dari pie itu diraih oleh Apple Music dengan pangsa berlangganan 21% pada kuartal pertama.

Perbandingan Pengguna Spotify 1 : 3 dengan Pengguna Streaming Lain

Angka-angka ini juga mengungkapkan bahwa ada lebih dari 394 juta pelanggan di seluruh layanan streaming musik, termasuk YouTube Music, Amazon Music, Pandora, dll. Lebih banyak pelanggan berarti lebih banyak arus kas masuk untuk layanan streaming musik. Oleh karena itu, Spotify juga memiliki 30% dari total pendapatan di Q1 dengan Apple Music mencapai 25%.

Namun, hal yang menarik di sini adalah rasio pelanggan terhadap pendapatan lebih baik diraih oleh Apple Music. Meskipun demikian, pemimpin pasar menikmati lebih banyak publisitas.

Sesuai laporan, jumlah pelanggan berbayar global meningkat 35% pada Q1 2020. Sebagai perbandingan, pangsa pengguna aktif bulanan hanya tumbuh sebesar 20%. Dengan kata lain, lebih banyak pengguna yang mencari freebie dan menjadi pelanggan premium untuk menikmati streaming musik yang lebih baik.

Baik Spotify dan Apple telah menjelajahi pasar baru dalam beberapa tahun terakhir, misalnya, India. Selain itu, layanan streaming musik, secara umum, juga menyediakan truk rencana promosi dan rencana kompetitif untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Bagikan halaman ini di:




0 comments :

Posting Komentar

 
Top