Informasi Lengkap Portal Piala Dunia FIFA 2018 Rusia
Nama resmi:2018 FIFA World Cup Russia™
Tuan rumah:
Maskot:Zabivaka
Edisi ke:21
Tanggal pelaksanaan:14 Juni – 15 Juli 2018
Tim peserta:32 (dari 5 atau 6 konfederasi)
Total pertandingan:64
Venue:12 (di 11 kota penyelenggara)
Juara bertahan: (2014)

Piala Dunia FIFA Rusia 2018 merupakan edisi ke-21 Piala Dunia FIFA, sebuah turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diperebutkan oleh tim nasional pria dari asosiasi anggota FIFA. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung di Rusia dari 14 Juni sampai 15 Juli 2018, setelah negara itu diberikan hak tuan rumah pada 2 Desember 2010. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Eropa Timur, dan di Eropa sejak tahun 2006.

Turnamen final akan melibatkan 32 tim nasional, yang meliputi 31 tim ditentukan melalui kompetisi kualifikasi dan tim tuan rumah secara otomatis masuk dan dipastikan menjadi salah satu tim peserta turnamen. Sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di 12 stadion yang terletak di 11 kota. Final diperkirakan akan berlangsung di Moskow di Stadion Luzhniki.

Pemenang dari turnamen ini akan masuk pada putaran Piala Konfederasi FIFA 2021.

Pemilihan Tuan Rumah

Prosedur pemilihan untuk menjadi tuan rumah 2018 dan 2022 Piala Dunia FIFA dimulai pada Januari 2009, dan asosiasi sepakbola Negara diberi kesempatan untuk mendaftarkan minat mereka sampai 2 Februari 2009. Awalnya, sembilan negara yang berminat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018, namun kemudian urung, dan tawaran ditolak oleh FIFA pada bulan Februari 2010 setelah pemerintah Indonesia gagal mengirimkan surat untuk mendukung tawaran. Selama proses penawaran, tiga negara non-UEFA (, , dan ) secara bertahap menarik diri dari 2018, dan Negara-negara dari UEFA dengan demikian dikesampingkan dari tawaran 2022. Dan akhirnya empat negara tersisa untuk Piala Dunia 2018: , , -, dan -.

Dua puluh dua anggota Komite Eksekutif FIFA berkumpul di Zürich pada tanggal 2 Desember 2010 untuk memilih tuan rumah untuk kedua turnamen tersebut. Rusia memenangkan dan mendapatkan hak untuk menjadi tuan rumah 2018 di babak kedua pemungutan suara. Spanyol-Portugal pada urutan kedua, dan Belgia-Belanda ketiga. Tawaran Inggris untuk menjadi tuan rumah turnamen kedua jatuh pada pemungutan suara pertama.

Branding

Logo turnamen ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2014 oleh kosmonot di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan kemudian diproyeksikan ke Teater Bolshoi Moskow selama program televisi malam. Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko mengatakan bahwa logo tersebut terinspirasi dari "tradisi artistik Rusia yang kaya dan sejarah pencapaian dan inovasi yang berani", dan Presiden FIFA Sepp Blatter menyatakan bahwa hal itu mencerminkan "hati dan jiwa" negara tersebut. Untuk merek, jenis huruf yang disebut Dusha (dari bahasa Rusia, bahasa Rusia untuk jiwa) diciptakan oleh biro desain Brandia Tengah pada tahun 2014.

Sponsor resmi

FIFA partnersFIFA World Cup sponsorsEuropean supporters
- Adidas
- Coca-Cola
- Gazprom
- Hyundai–Kia
- Qatar Airways
- VISA
- Wanda Group
- Anheuser-Busch InBev
- Hisense
- McDonald's
- Vivo
- Alfa-Bank

Kualifikasi

Selain Rusia yang lolos secara otomatis sebagai tuan rumah, semua anggota FIFA berhak mengikuti proses kualifikasi.

, setelah berhasil mengajukan banding atas larangan dari kualifikasi untuk masalah supporter selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan , diwajibkan untuk memainkan semua pertandingan kandang mereka di luar negeri. Pada tanggal 12 Maret 2015, sebelum dimulainya kualifikasi, diusir dari turnamen karena gagal membayar mantan pelatih José Claudinei. Indonesia diskors dan kemudian tidak diikursertakab sebelum memainkan satu pertandingan kualifikasi, sebagai bagian dari hukuman atas campur tangan pemerintah dalam Asosiasi Sepak Bola Indonesia.

Drawing kualifikasi berlangsung di Istana Konstantinovsky di Strelna, Saint Petersburg pada tanggal 25 Juli 2015 pukul 18:00 waktu setempat (UTC +3). Kualifikasi pertandingan untuk AFC dan CONCACAF dimulai pada bulan Maret 2015, sebelum drawing kualifikasi diselenggarakan.

Alokasi slot untuk setiap konfederasi diputuskan tidak akan diubah oleh Komite Eksekutif FIFA pada tanggal 30 Mei 2015 di Zürich, setelah Kongres FIFA.

Pada tanggal 13 Mei 2016, dan menjadi anggota FIFA dan memenuhi syarat untuk kualifikasi Piala Dunia.

Tim terkualifikasi
NoTimnasMetode KualifikasiTanggal KualifikasiPenampilan ke-
1 RusiaTuan Rumah2 Des 201011
2 BrasilCONMEBOL Round Robin28 Mar 201721
3 IranAFC Third Round Group A Winners12 Jun 20175
4 JepangAFC Third Round Group B Winners31 Agu 20176
5 MeksikoCONCACAF Fifth Round top three1 Sep 201716
6 BelgiaUEFA Group H winners3 Sep 201713
7 Korea SelatanAFC Third Round Group A runners-up5 Sep 201710
8 Arab SaudiAFC Third Round Group B runners-up5 Sep 20175

Pengajuan penambahan slot
Pada bulan Oktober 2013, Presiden UEFA Michel Platini mengusulkan bahwa final Piala Dunia harus diperluas dari 32 menjadi 40 tim mulai 2018. Formatnya akan sama, namun dalam lima grup bukan empat. Ini sebagai tanggapan atas komentar Presiden FIFA Sepp Blatter bahwa Afrika dan Asia mendapat lebih banyak tempat di putaran final Piala Dunia dengan mengorbankan tim Eropa dan Amerika Selatan. Namun, sekretaris jenderal FIFA Jérôme Valcke mengatakan bahwa ekspansi pada 2018 "tidak akan mungkin", sementara menteri olahraga Rusia Vitaly Mutko mengatakan bahwa negara tersebut "mempersiapkan diri hanya dengan 32 tim peserta."

Venues

Rusia mengusulkan kota-kota tuan rumah berikut: Kaliningrad, Kazan, Krasnodar, Moskow, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Saint Petersburg, Samara, Saransk, Sochi, Volgograd, Yaroslavl, dan Yekaterinburg. Semua kota berada di dalam atau di luar Eropa Rusia untuk mengurangi waktu tempuh bagi tim di negara besar. Laporan evaluasi penawaran tersebut menyatakan: "Tawaran Rusia mengusulkan 13 kota tuan rumah dan 16 stadion, sehingga melebihi persyaratan minimum FIFA. Tiga dari 16 stadion akan direnovasi, dan 13 akan dibangun baru."

Pada bulan Oktober 2011 Rusia menurunkan jumlah stadion dari 16 menjadi 14. Pembangunan stadion Podolsk yang diusulkan di wilayah Moskow dibatalkan oleh pemerintah daerah, dan juga di ibukota, Otkrytiye Arena bersaing dengan Dynamo Stadium yang akan dibangun terlebih dahulu.

Pilihan terakhir kota tuan rumah diumumkan pada tanggal 29 September 2012. Jumlah kota dikurangi menjadi 11 dan jumlah stadion sampai 12 karena Krasnodar dan Yaroslavl diturunkan dari daftar akhir.

Sepp Blatter menyatakan pada bulan Juli 2014 bahwa karena kekhawatiran akan penyelesaian tempat di Rusia, jumlah tempat untuk turnamen dapat dikurangi dari 12 menjadi 10. Pada bulan Oktober 2014, pada kunjungan resmi pertama mereka ke Rusia, komite inspeksi FIFA dan kepalanya Chris Unger mengunjungi St Petersburg, Sochi, Kazan dan kedua tempat di Moskow. Mereka puas dengan kemajuan pembangunan.

Pada tanggal 8 Oktober 2015, FIFA dan Panitia Penyelenggara Lokal menyetujui nama resmi stadion yang digunakan selama turnamen berlangsung.

Jadwal

Jadwal lengkap diumumkan oleh FIFA pada 24 Juli 2015. Rusia akan ditempatkan di posisi A1 di babak penyisihan grup dan bermain pada pertandingan pembuka di Stadion Luzhniki di Moskow pada 14 Juni, yang juga akan menjadi tuan rumah semifinal kedua pada 11 Juli dan final pada 15 Juli. Stadion Krestovsky di Saint Petersburg akan menjadi tuan rumah semifinal pertama pada 10 Juli dan pertandingan tempat ketiga pada 14 Juli.

Undian grup akan diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2017 di Istana Kremlin Negara Bagian di Moskow.

Skuat

Setiap tim harus terlebih dahulu mendaftarkan 30 nama pemain. Dari skuad awal, tim tersebut harus mengerucutkan skuad akhir menjadi 23 pemain (tiga di antaranya harus menjadi kiper) dengan batas waktu yang ditentukan FIFA. Pemain di skuad terakhir bisa diganti karena cedera serius hingga 24 jam sebelum kickoff pertandingan pertama tim, dimana pemain pengganti tidak perlu masuk skuad sementara.

Bagi pemain yang masuk dalam skuad 30 pemain, ada masa istirahat wajib antara 21 dan 27 Mei 2018, kecuali yang terlibat dalam Final UEFA Champions League 2018 yang dimainkan pada 26 Mei.

Maskot

Maskot resmi Piala Dunia FIFA 2018 yaitu seekor serigala bernama Zabivaka ("orang yang mendapat nilai" dalam bahasa Rusia), diresmikan pada 21 Oktober 2016. Mewakili serigala antropomorfik dengan kaos wol cokelat dan putih dengan kata-kata "RUSIA 2018" dengan memakai kacamata olah raga oranye. Kombinasi kaos dan celana pendek berwarna putih, biru dan merah adalah warna nasional tim Rusia. Perancangnya adalah seorang mahasiswa bernama Ekaterina Bocharova, dan maskot tersebut dipilih melalui pemungutan suara di internet.

Hasil pemilihan diumumkan pada 22 Oktober 2016, di Evening Urgant di Channel One Russia. Wolf, bernama Zabivaka, menghasilkan 53% suara, menyusul Tiger (27%), dan Kucing dengan 20% suara ditempat ketiga. Lebih dari 1 juta orang berpartisipasi dalam pemungutan suara, yang berlangsung selama bulan September 2016 di website FIFA, dan juga saat siaran langsung di Channel One, di mana hasil kompetisi kreatif diumumkan.

Bagikan halaman ini di:

0 comments :

Posting Komentar

 
Top