PSM Makassar - Profil, Sejarah, Statistik, Skuad

PSM Makassar, atau PSM, adalah sebuah klub sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan. Klub ini didirikan pada tahun 1915 (sebagai Makassar Voetbal Bond) dan saat ini berkompetisi di Indonesia Super League. PSM memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Andi Mattalatta.

PSM adalah tim tertua dalam sejarah sepakbola Indonesia. Mereka juga dianggap sebagai salah satu yang paling sukses di Indonesia timur.

Sejarah


Pendirian dan Awal Tahun (1915–1942)
PSM didirikan pada tanggal 2 November 1915 sebagai Makassar Voetbal Bond (MVB). Mereka dianggap sebagai klub sepak bola tertua di Indonesia dan juga salah satu yang tertua di Asia Tenggara. Selama pendudukan Jepang dari Hindia Belanda, semua jenis organisasi dengan ejaan Belanda harus diganti sehingga MVB berubah menjadi PSM Makassar.

Pendirian dan Awal Tahun (1942–1994)
Beberapa pemain awal PSM Makassar secara teratur dipanggil ke tim nasional sepak bola Indonesia, pemain legenda klub yang paling terkenal adalah Ramang. PSM Makassar memenangkan gelar Perserikatan pertama mereka pada tahun 1957 dengan mengalahkan PSMS Medan. Mereka juga berhasil memenangkan kejuaraan pada tahun 1959, 1965, 1966 dan 1992.

Era Modern dan Sejarah Terbaru
Setelah penggabungan Perserikatan dan Galatama pada tahun 1994, mereka memenangkan gelar Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2000. Skuad terdiri dari kombinasi pemain timnas, seperti Miro Baldo Bento, Aji Santoso, Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto dan Hendro Kartiko, dan bakat lokal, seperti Ronny Ririn, Syamsudin Batola, Yusrifar Djafar, dan Rachman Usman. Mereka memenangkan Divisi Utama Liga Indonesia tahun 1999-2000 dengan hanya kalah 2 kali dari 31 pertandingan.

Pada tahun 2011 mereka bergabung dengan liga yang memisahkan diri Liga Primer Indonesia. Mereka terus bermain di Liga Premier Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo hingga 2013, sebelum bergabung lagi dengan Liga Super Indonesia di musim 2014.

Squad, Update:


NoPosisiNama Pemain
NoPosisiNama Pemain
Note:

Penyedia Kit


- 2011–2013: Vilour
- 2013–sekarang: Nike

Bagikan halaman ini di:

0 comments :

Posting Komentar

 
Top