Jadwal Indonesia Divisi Utama Liga Indonesia 2017 - Jadwal Siaran Langsung TV Streaming ISL LSI 2017 ANTV Indosiar RCTI SCTV KompasTV TVOne GlobalTV iNewsTV
Divisi Utama Liga Indonesia (dulu Liga Indonesia/Ligina) adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia, di bawah Liga Super Indonesia. Sebelum tahun 2008, Divisi Utama adalah liga kasta pertama. Divisi Utama dibentuk pada tahun 1994 melalui peleburan 2 kompetisi yang ada pada saat itu, yaitu Perserikatan dan Galatama.

Pada musim 1997/98, kompetisi ini dihentikan akibat kondisi politik di Indonesia yang tidak kondusif. Sejak pertama kali digelarnya Divisi Utama Liga Indonesia, kompetisi ini telah mengalami beberapa kali perubahan sistem kompetisi. Sempat menerapkan sistem kompetisi penuh pada musim kompetisi 2003 dan 2004, pada musim kompetisi 2006, sistem kompetisi 2 wilayah dengan pergelaran babak 8 Besar kembali digunakan. Pada tahun 2015, kompetisi ini tidak diselesaikan, dan pada tahun 2016 kompetisi ini ditiadakan.

Seperti dikutip pada halaman bola.com, Pengurus PSSI yang baru mengadakan pertemuan Komite Eksekutif PSSI, Senin (14/11/2016) sore. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan salah satu pembahasan adalah bergulirnya kompetisi reguler untuk 2017 yang kemungkinan besar akan dimulai pada Maret 2017, dan pada akhirnya dinyatakan diundur dan bergulir pada tanggal 19 April 2017.

Jadwal Liga 2 2017
#Grup 1, #Grup 2, #Grup 3, #Grup 4, #Grup 5, #Grup 6, #Grup 7, #Grup 8.

Dalam pertemuan kedua yang dilakukan Komite Eksekutif PSSI setelah terpilih dalam Kongres Pemilihan PSSI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, pada Kamis (10/11/2016), sejumlah agenda dibicarakan termasuk jadwal penyelenggaraan kompetisi reguler (ISL, Divisi Utama, dan Liga Nusantara) dan non-reguler (turnamen pramusim dan Piala Indonesia) yang dipersiapkan untuk bergulir musim depan.

Joko Driyono, yang selama ini merupakan otak dari kompetisi sepak bola Indonesia, menyebut Maret 2017 bisa menjadi awal musim baru jika semua berjalan dengan lancar.

Joko Driyono juga menegaskan keberhasilan digelarnya sejumlah turnamen, seperti Piala Presiden, Piala Jenderal Sudirman, dan Piala Bhayangkara, membuat PSSI memiliki begitu banyak pilihan untuk adanya kompetisi non-reguler yang bisa diselenggarakan. Selain tiga turnamen tersebut, Joko juga menegaskan bahwa SEA Games juga akan masuk dalam kalender kompetisi non-reguler yang bakal mendapat perhatian dari PSSI.

"Ada juga kompetisi non-reguler yang kemarin berjalan sukses. Ada Piala Presiden, Piala Jenderal Sudirman, Piala Bhayangkara. Kami pun tadi menyampaikan bahwa kompetisi resmi yang masuk dalam industri juga harus mempertimbangkan time exposure dengan waktu ideal adalah sekitar delapan bulan dalam satu musim.

Terlalu pendek pun tidak bagus mengingat dari kacamata industri exposure itu penting. Akan ada empat bulan dari 12 bulan yang akan kami gunakan untuk mengelola kompetisi-kompetisi non-reguler," ujar pria yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta yang menghelat ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Bagikan halaman ini di:

0 comments :

Posting Komentar

 
Top