UNICEF


Shalat Idul Fitri merupakan salah satu amalan yang dilaksanakan saat Hari Raya Idul Fitri. Hukum shalat Idul Fitri adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan, sementara niat Shalat Idul Fitri hukumnya wajib karena masuk rukun sahnya Shalat.

Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Fitri
Ilustrasi niat salat idul fitri

Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari dengan berjamaah. Namun Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan sendiri (munfarid) jika berhalangan untuk melaksanakannya secara berjamaah. Melaksanakan Shalat Idul Fitri secara berjamaah dianjurkan untuk dilaksanakan di tanah lapang. Hadist dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, “Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang. (HR. Bukhari dan Muslim).

Shalat Idul Fitri dilaksanakan 2 rakaat dengan satu kali salam. Sebelum melaksanakan shalat, diwajibkan untuk melakukan niat shalat Idul Fitri terlebih dahulu. Adapun niat Shalat idul fitri adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

"Ushalli sunnatan li idi fitri rak'atayni mustaqbilal qiblati ada'an imaman/ma'muman lillahi ta'ala".

Artinya: Aku berniat Shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala.

Tata Cara Shalat Idul Fitri

  1. Membaca niat shalat Idul Fitri
  2. Setelah membaca niat shalat Idul Fitri, takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan
  3. Melakukan takbir selama 7 kali.
    Di setiap takbir membaca, "Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar." / Artinya : “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”
  4. Membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek
  5. Dilanjutkan dengan ruku’, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan kembali berdiri ke rakaat kedua.
  6. Di rakaat kedua, melakukan takbir selama 5 kali dengan membaca, “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar." / Artinya : “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”
  7. Setelah itu membaca Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek
  8. Dilanjutkan dengan ruku’, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, khutbah Idul Fitri akan dibacakan oleh khatib. Demikian informasi Niat dan Tata Cara Shalat Idul Fitri. 


0 comments :

Posting Komentar

 
Top