UNICEF


Alur Pendaftaran CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia Lulusan SMA SMK D3 S1 S2 S3
Nama Instansi:Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia
Singkatan:Kemenkumham RI
Bidang Tugas:Hukum dan Hak Asasi Manusia
Penerimaan:CPNS
Tahun Penerimaan:
Tanggal Pendaftaran:
Tanggal Tes SKD:
Tanggal Tes SKB:
Website:https://www.kemenkumham.go.id/

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (disingkat Kemenkumham RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) tentang pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia tahun , Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia.

Tahapan pelaksanaan CPNS Kemenkumham RI tahun
  1. Pengumuman penerimaan
  2. Pendaftaran website (https://sscasn.bkn.go.id/)
  3. Pengumuman seleksi administrasi
  4. Cetak nomor ujian secara online
  5. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  7. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  8. Integrasi Nilai SKD dan SKB
  9. Pengumuman kelulusan akhir secara online
  10. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus

Pengumuman Pendaftaran & Formasi CPNS Kemenkumham RI

Rincian kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia sebagaimana tercantum pada lampiran pengumuman ini sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Download Pengumuman Formasi Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia dalam bentuk PDF:Download Pengumuman Formasi Pendaftaran Penerimaan CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 S2 S3 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia
Untuk Instansi dan daerah lainnya di Indonesia, buka halaman: Pengumuman Pendaftaran CPNS di Indonesia.

Pendaftaran CPNS tahun dilaksanakan secara serentak melalui website SSCN.BKN.GO.ID, tata cara dan panduan untuk mendaftar, membuat akun, dan memilih unit kerja pada website SSCN dapat dilihat secara rinci di halaman: Cara Mendaftar SSCN.BKN.GO.ID .

Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham RI

Setelah dilaksanakan verifikasi terhadap berkas lamaran dan dokumen yang diunggah oleh para pelamar CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia oleh Panitia Penyelenggara Pengadaan CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia Tahun .

Pemberitahuan Hasil Seleksi Administrasi CPNS bisa langsung diketahui dan diakses pada portal: SSCN.BKN.GO.ID dan email dengan login menggunakan akun masing-masing pelamar.

Peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat / tidak lulus seleksi administrasi dapat mengajukan Masa Sanggah yang dilaksanakan pada tanggal yang tertera pada akun di portal SSCN.BKN.GO.ID.

Dari hasil verifikasi tersebut peserta yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti tahapan seleski selanjutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Pengumuman Hasil SKD CPNS Kemenkumham RI

Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dilakukan sesuai dengan pengumuman jadwal masing-masing peserta, sesuai dengan jam dan lokasi yang sudah ditentukan.

Dalam tes SKD ini, jenis soal yang di ujikan meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Undang–Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menilai penguasaan kemampuan verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menilai karakteristik pribadi peserta.

Pengumuman lengkap hasil SKD CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia akan diupdate dan dapat dilihat di Link: (Menunggu pengumuman).

Pengumuman Hasil SKB CPNS Kemenkumham RI

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan tes kemampuan dan karakteristik dalam seseorang yakni pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas dan jabatan untuk menampilkan etos kerja yang tinggi dalam sebuah jabatan.

Tes SKB ini akan ditempuh peserta jika telah dinyatakan lulus tes SKD. Materi yang ada pada tes SKB ini ditentukan posisi formasi yang dilamar oleh peserta dan jabatannya. Materi tersebut dapat berupa sebagai berikut:

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB)
  2. Peraturan instansi yang dilamar
  3. Relevansi atau kaitan dengan latar belakang studi
  4. Soal-soal yang ditanyakan instansi
Pengumuman lengkap hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia akan diupdate dan dapat dilihat di Link: (Menunggu pengumuman).

Pengumuman Kelulusan Akhir CPNS Kemenkumham RI

Hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menentukan kelulusan akhir untuk peserta CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia , selanjutnya adalah tahap pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus.

Pengumuman lengkap hasil Kelulusan Akhir CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia akan diupdate dan dapat dilihat di Link: (Menunggu pengumuman).

Bagikan halaman ini di:




2 comments :

  1. Kalo ktp berdomisili di jambi
    Tapi mau daftar di instansi lampung apakah harus punya ktp lampung juga ?

    BalasHapus
  2. Ni sdh hbs daftar,jdi tgal tgu ujian sja apa mau antar persyaratan jga ke instansi hkm dan ham?

    BalasHapus

 
Top