UNICEF


Informasi Lengkap Portal Piala Dunia FIFA 2022 Qatar
Nama resmi:2022 FIFA World Cup Qatar™
Tuan rumah:
Maskot:TBA
Edisi ke:22
Tanggal pelaksanaan:21 November – 18 Desember 2022
Tim peserta:32 (dari 5 atau 6 konfederasi)
Total pertandingan:64
Venue:8 (di 5 kota penyelenggara)
Juara bertahan: (2018) (gelar ke-2)

Piala Dunia FIFA Qatar 2022 merupakan edisi ke-22 Piala Dunia FIFA, sebuah turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diperebutkan oleh tim nasional pria dari asosiasi anggota FIFA. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung di Qatar dari 21 November sampai 18 Desember 2022, setelah negara itu diberikan hak tuan rumah pada 2 Desember 2010.

Piala Dunia kali ini menjadi Piala Dunia pertama yang pernah diadakan di dunia Arab dan yang pertama di negara mayoritas Muslim. Ini akan menjadi Piala Dunia kedua yang sepenuhnya diadakan di Asia setelah turnamen 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Selain itu, turnamen ini akan menjadi yang terakhir yang melibatkan 32 tim, dengan peningkatan menjadi 48 tim yang dijadwalkan untuk turnamen 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Turnamen ini juga akan menandai Piala Dunia pertama yang tidak diadakan pada bulan Mei, Juni, atau Juli; turnamen ini dijadwalkan pada akhir November hingga pertengahan Desember. Pertandingan dimainkan dalam jangka waktu sekitar 28 hari, dengan final diadakan pada 18 Desember 2022, yang juga merupakan Hari Nasional Qatar.

Turnamen final akan melibatkan 32 tim nasional, yang meliputi 31 tim ditentukan melalui kompetisi kualifikasi dan tim tuan rumah secara otomatis masuk dan dipastikan menjadi salah satu tim peserta turnamen. Sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di 8 stadion yang terletak di 5 kota. Final diperkirakan akan berlangsung di Lusail di Stadion Lusail Iconic.

Pemenang dari turnamen ini akan masuk pada putaran Piala Konfederasi FIFA 2025.

Pemilihan Tuan Rumah

Prosedur penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018 dan 2022 dimulai pada Januari 2009, dan asosiasi sepakbola nasional memiliki waktu hingga 2 Februari 2009 untuk mendaftarkan minat mereka. Awalnya, sebelas tawaran diajukan untuk Piala Dunia FIFA 2018, tetapi Meksiko kemudian menarik diri dari persidangan, dan tawaran Indonesia ditolak oleh FIFA pada Februari 2010 setelah PSSI gagal menyerahkan surat jaminan dari pemerintah Indonesia untuk mendukung penawaran. Para pejabat Indonesia tidak mengesampingkan tawaran untuk Piala Dunia FIFA 2026, sampai Qatar mengambil piala 2022.

Selama proses penawaran, semua negara non-UEFA secara bertahap menarik tawaran 2018 mereka, sehingga menjamin bahwa negara UEFA akan menjadi tuan rumah piala 2018 dan dengan demikian membuat negara UEFA tidak memenuhi syarat untuk penawaran 2022.

Pada akhirnya, ada lima tawaran untuk Piala Dunia FIFA 2022: Australia, Jepang, Qatar, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Dua puluh dua anggota Komite Eksekutif FIFA berkumpul di Zürich pada 2 Desember 2010 untuk memilih untuk memilih tuan rumah dari kedua turnamen. Dua anggota komite eksekutif FIFA ditangguhkan sebelum pemungutan suara sehubungan dengan dugaan korupsi terkait suara mereka. Keputusan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 di Qatar, yang dinilai memiliki "risiko operasional tinggi", menimbulkan kritik dari komentator media. Telah banyak dikritik karena menjadi bagian dari skandal korupsi FIFA.

Branding

Logo resmi Piala Dunia 2022 diresmikan pada 3 September 2019 di di Menara Doha, Amfiteater Desa Budaya Katara, Msheireb Downtown Doha, dan Zubarah. Logo ini dirancang menyerupai trofi turnamen, simbol infinity, dan angka "8", yang mencerminkan acara "saling berhubungan" dan delapan stadion tuan rumah. Ini juga membangkitkan citra selendang untuk menandakan penjadwalan musim dingin turnamen, dan berisi gelombang menyerupai bukit pasir gurun.

Sponsor resmi

FIFA partnersFIFA World Cup sponsors
- Adidas
- Coca-Cola
- Gazprom
- Hyundai–Kia
- Qatar Airways
- VISA
- Wanda Group
- Anheuser-Busch InBev
- Vivo

Kualifikasi

Enam konfederasi kontinental FIFA menyelenggarakan kompetisi kualifikasi mereka sendiri. Semua asosiasi anggota FIFA, yang saat ini ada 211, memenuhi syarat untuk memasuki kualifikasi. Qatar, sebagai tuan rumah, lolos secara otomatis untuk turnamen. Namun, Qatar diwajibkan oleh AFC untuk berpartisipasi dalam tahap kualifikasi Asia karena dua putaran pertama juga bertindak sebagai kualifikasi untuk Piala Asia AFC 2023. Jika Qatar mencapai tahap akhir sebagai pemenang dalam grup mereka atau sebagai salah satu dari empat runner-up terbaik, tim kelima terbaik akan maju sebagai gantinya. Juara bertahan Piala Dunia Prancis juga akan melalui tahap kualifikasi seperti biasa.

Alokasi slot untuk masing-masing konfederasi dibahas oleh Komite Eksekutif FIFA pada 30 Mei 2015 di Zürich setelah Kongres FIFA. Panitia memutuskan bahwa alokasi yang sama seperti 2006 akan disimpan untuk turnamen 2010, 2014, 2018 dan 2022:
  • CAF (Afrika): 5
  • AFC (Asia): 4.5 (tidak termasuk tuan rumah)
  • UEFA (Eropa): 13
  • CONCACAF (Amerika Tengah, Utara dan Karibia): 3.5
  • OFC (Oseania): 0.5
  • CONMEBOL (Amerika Selatan): 4.5
Tim terkualifikasi
NoTimnasMetode KualifikasiTanggal KualifikasiPenampilan ke-
1 Tuan Rumah2 Des 20100 (debut)

Venues

Lima stadion yang diusulkan pertama untuk Piala Dunia diresmikan pada awal Maret 2010. Stadion ini bertujuan untuk menggunakan teknologi pendingin yang mampu mengurangi suhu di dalam stadion hingga 20°C (36°F). Negara ini berniat untuk membuat stadion yang mencerminkan aspek sejarah dan budaya Qatar. Setiap stadion akan memasukkan empat prioritas, yaitu warisan, kenyamanan, aksesibilitas, dan keberlanjutan. Qatar membangun stadion dengan standar keberlanjutan dan lingkungan yang tinggi.

Stadion akan dilengkapi dengan sistem pendingin yang ramah lingkungan, rencananya adalah membangun stadion Zero Waste menggunakan bahan yang ramah lingkungan, peralatan yang tidak berbahaya, dan solusi yang ramah lingkungan melalui penerapan solusi energi terbarukan dan rendah energi. Qatar bercita-cita untuk patuh dan disertifikasi oleh Global Sustainability Assessment System (GSAS) untuk semua stadion piala dunia.

Semua dari lima proyek stadion yang diluncurkan telah dirancang oleh arsitek Jerman Albert Speer & Partners. Klub-klub sepak bola terkemuka di Eropa menginginkan Piala Dunia berlangsung dari 28 April hingga 29 Mei alih-alih pentas Juni dan Juli, karena kekhawatiran tentang panas.

NoStadionKota
1Stadion Lusail IconicLusail
2Stadion Al BaytAl Khor
3Stadion Ras Abu AboudDoha
4Stadion Al ThumamaDoha
5Stadion Education CityAl Rayyan
6Stadion Al RayyanAl Rayyan
7Stadion Khalifa InternationalAl Rayyan
8Stadion Al JanoubAl Wakrah

Jadwal

Pengundian akhir dijadwalkan berlangsung pada April 2022.

Jadwal pertandingan dikonfirmasi oleh FIFA pada 15 Juli 2020. Pertandingan pembuka, menampilkan tuan rumah Qatar, akan dimainkan pada 21 November 2022, di Stadion Al Bayt. Selama penyisihan grup, empat pertandingan akan dimainkan pada setiap hari, dengan waktu kick-off (UTC+3) 13:00, 16:00, 19:00 dan 22:00 untuk dua putaran pertama, dan 18:00 dan 22:00 untuk kick-off simultan dari babak terakhir dan untuk pertandingan babak sistem gugur. Pertandingan tempat ketiga akan dimainkan pada 17 Desember 2022 di Stadion Internasional Khalifa, dan final akan dimainkan pada 18 Desember 2022 di Stadion Ikon Lusail, keduanya pada pukul 18:00.

Bagikan halaman ini di:




0 comments :

Posting Komentar

 
Top