UNICEF


Logo Kabupaten Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTB ini memiliki 10 Kabupaten/Kota.

Di awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribukota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini nama "Nusa Tenggara" digunakan oleh dua daerah administratif: Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

Kabupaten


Kabupaten Bima
Logo Lambang Kabupaten Bima

Kabupaten Dompu
Logo Lambang Kabupaten Dompu

Kabupaten Lombok Barat
Logo Lambang Kabupaten Lombok Barat

Kabupaten Lombok Tengah
Logo Lambang Kabupaten Lombok Tengah

Kabupaten Lombok Timur
Logo Lambang Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Lombok Utara
Logo Lambang Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Sumbawa
Logo Lambang Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Sumbawa Barat
Logo Lambang Kabupaten Sumbawa Barat

Kota


Kota Bima
Logo Lambang Kota Bima
Kota Mataram
Logo Lambang Kota Mataram

0 comments :

Posting Komentar

 
Top